Sejarah Terbentuknya Nama Domain .ID

Domain .id di release 1 September 2005, Awalnya domain ini merupakan kerjasama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau bisa disingkat dengan APJI yang berkolaborasi dengan pengelola doman .id yaitu ccTLD-ID.

Namun karena ada masalah antara kedua badan tersebut akhirnya domain .id dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI)  pada 1 Mei 2007. Dan disahkan pada 16 September 2014 sesuai dengan Berita Acara Penyerahan Pengelolaan Domain .id yang dituangkan pada no. BA–343/DJAT/MKOMINFO/6/2007 dari Dirjen Aptel kepada PANDI.

Baca Juga: Harbolnas: 11-12 Desember Diskon 50% Semua Paket Hosting

PANDI merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh komunitas teknologi informasi Indonesia. Sekarang ini PANDI menjadi badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id yang mana PANDI ini sudah mendapatkan persetujuan dari ICANN (Internet of Assigned Name and Number) untuk mengelola domain .id tersebut.

Dengan diluncurkannya domain .id ini yang dapat digunakan sebagai top level internet domain (TLD), domain apapun .id kini sudah dapat didaftarkan pada semua registrar PANDI dan juga pada penjual domain seperti Hostnic.

Semua ekstensi di Indonesia yang menggunakan  domain .id dikelola oleh PANDI. Sehingga ektensi domain tersebut tidak dapat digunakan dengan sembarangan, harus memenuhi  persyaratan dan juga mendapatkan persetujuan atau perijinan usaha yang terkait. Macam-macam ekstensi domain .id tersebut adalah domain  .ac.id, .biz.id, .co.id, .desa.id, .or.id, .net.id, .web.id, .my.id, .sch.id, .go.id, dan .mil.id.

Masing-masing dari domain tersebut memiliki kegunaan masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Baca Juga:  Google Melakukan Tes Menghilangkan Panel Pengetahuan di Hasil Pencarian

Di tulis oleh: