Harga Domain .WEB.ID Termurah Hanya 10rb

Apa itu Link Nofollow dan Dofollow?

Apa itu Link Nofollow dan Dofollow? Kata dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata “do” dan “follow” yang artinya “mengikuti”. Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.

Google Bot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut. Google Bot akan mengindexnya isi link nya juga.

Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni “no” dan “follow” yang artinya “tidak mengikuti”. Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, link tersebut tidak akan di index.

Baca Juga: Apa itu PBN (Private Blog Network)

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Dari pengertiannya, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link ini. Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.

Link dofollow sebenarnya bersifat default. Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.

Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.

Contoh link dofollow:

Kalau ingin memberi link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan. Jadi, kalau mau membuat backlink ke Blogooblok, buatlah dalam bentuk dofollow.

Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.

Contoh link nofollow:

Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan. Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Baca Juga:  Apa itu PBN (Private Blog Network)

Link nofollow cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian.

Penerapan link nofollow dan dofollow sebenarnya adalah ilmu SEO paling dasar, yang banyak tidak diterapkan para blogger. Jadi, jika harus memberi link kepada situs yang belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk nofollow.

Sumber: blogooblok.com

Harga Domain .ID Termurah Hanya 199rb

Di tulis oleh: