Panduan Webuzo : Mengubah Port SSH

Sebenarnya untuk mengubah port SSH pada VPS panel Webuzo ada dua cara, yaitu dengen mengubah port SSH melalui PuTTY (jika anda pengguna sistem operasi windows) dan ada yang langsung melalui Control Panel Webuzonya.

Cara Merubah Port SSH Dengan Control Panel di Webuzo Secara Langsung

  • Anda harus login terlebih dahulu ke panel VPS Webuzo anda (ipvpsanda:2002, misalnya :¬†http://186.67.220.208:2002).
  • Selanjutnya anda klik menu Security => SSH.
  • Selanjutnya anda tinggal rubah Port SSH nya yang ada pada kolom Change Port SSH menjadi 65001, dan selanjutnya anda bisa klik Edit SSH/SFTP Settings.
  • Anda bisa saja merubah port SSH nya menjadi angka berapapun misalnya antara 49152 sampai dengan 65535.
  • Terkhir anda konfirmasi dengan klik OK dan anda telah selesai mengubah Port SSH anda.

Cara Merubah Port SSH Dengan Menggunakan PuTTY

Sebenarnya secara default untuk port SSH anda yaitu 22, akan tetapi untuk port SSH 22 ini masih tidak aman karena hampir semua orang terutama penguna webuzo mengetahui, dengan begitu akan ada kemungkinan nantinya semua orang yang tau akan mencoba-coba login ke SSH anda( bruteforce login SSH).

Agar terhindar dari hal tersebut, maka anda harus mengamankan SSH anda, anda perlu merubahnya agar port SSH tersebut tidak mudah diketahui orang lain. Untuk cara merubah port SSH ini anda bisa mengikuti langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama, anda hars login terlebih dahulu ke PuTTY, lalu masukan alamat IP anda di kolom Host Name (or IP address, selanjutnya klik Open.
  • Agar bisa login as, anda bisa ketik root dan masukan password root anda dengan cara klik kanan dan enter.

Dibawah ini kurang lebih tampilan SSH anda jika anda telah berhasil login. Dan anda bisa melihat keterangannya jika terjadi kegagalan, disana terpampang gagal sebanyak 12713 kali sejak anda terkahir kali berhasil login.

Baca Juga:  Panduan Webuzo : Cara Membuat Database MySQL

  • Sekarang anda akan langsung merubah portnya, agar tidak menggunakan port default. Cara cukup mudah anda bisa copy perintah untuk mengubah port dari 22 menjadi 65001, silahkan di copy dan paste caranya klik kanan lalu tekan enter.

sed -i ‘s/#Port 22/Port 65001/’ /etc/ssh/sshd_config

  • Selanjutnya anda bisa mencopy untuk melakukan restart pada service SSH untuk pastenya caranya sama klik kanan lalu enter.

systemctl restart sshd

  • atau anda bisa juga menggunakan perintah dibawah ini :

service sshd restart

  • Jika telah selesai, maka sekarang SSH anda menggunakan port 65001.

Untuk melakukan tes pada perubahan yang telah anda lakukan anda bisa login SSH melalui PuTTY. jika disebelumnya pada kolom port disamping Host Name (Or Ip address) adalah 22, kini anda bisa merubahnya menjadi port baru yaitu 65001.

Itu adalah panduan sederhana tentang mengganti port SSH pada panel Webuzo, jika artikel ini dapat membantu anda silahkan di bagikan ya !


Di tulis oleh: