Hacker melayangkan aksi pemerasan ke manajemen Dropbox. Layanan penyimpanan file itu harus membayar sejumlah uang untuk menyelamatkan jutaan akun milik penggunanya.

Sistem keamanan Dropbox memang menjadi lahan empuk bagi hacker. Pasalnya, di dalam layanan tersebut terdapat lebih dari puluhan juta akun yang mempercayakan Dropbox menyimpan file-file penting.

Dilansir Cnet, Selasa 14 Oktober 2014, hacker mengklaim telah menyimpan 7 juta password milik pengguna Dropbox. Mereka berjanji tidak akan melakukan aksi apapun terkait password tersebut jika Dropbox mau membayar mereka dengan Bitcoin.

Namun begitu, pihak Dropbox membantah jika sistemnya telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka mengklaim jika password-password tersebut telah dicuri dari layanan pihak ketiga yang digunakan para pengguna Dropbox.

"Dropbox tidak dihack. Sepertinya username dan password itu diambil dari layanan lain yang digunakan pengguna untuk masuk ke Dropbox. Kami telah mencari info terkait serangan ini dan ternyata kebanyakan password yang ada di postingan itu adalah yang sudah kadaluarsa. Kami yakin, password lainnya pun sudah kadaluarsa," kata pihak Dropbox.

Sebuah postingan di laman Pastebin kemarin memperlihatkan daftar 400 email, lengkap dengan password. Mereka mengklaim ini merupakan bagian dari aksi peretasan besar-besaran yang melibatkan Dropbox.

Detail login dari 400 alamat email itu kebanyakan adalah akun yang berawalan B. Keterangan yang terdapat dalam postingan itu menunjukkan jika ini adalah aksi awal mereka dan masih banyak lagi akun yang mereka miliki.

"Semakin banyak Bitcoin, semakin banyak akun yang akan dipublikasikan di Pastebin. Ini hanyalah permulaan, untuk membuktikan kebenaran aksi kami," tulis hacker itu.

Tidak jelas juga darimana detil akun itu bisa diakses, dan masih dipertanyakan keaslian akun tersebut. Namun begitu, hacker mengklaim memiliki akses detail dari 6.937.081 akun individu di Dropbox. Mereka mengancam akan mengeluarkan file-file dalam akun tersebut, baik foto, video maupun file lain. (ren)



Tuesday, October 21, 2014







« Back

Powered by WHMCompleteSolution